Travel

Wisata Alam Goa Jatijajar Kebumen

goa jatijajar

Salah satu ikon wisata yang cukup populer di kabupaten kebumen adalah goa jatijajar. Tempat wisata pilihan yang satu ini adalah objek wisata alam yang telah mendapat sentuhan modern, tempatnya tak lagi gelap karena sudah ada penerangan lampu pln dan jalan di dalamnya juga tidak licin karena sudah berupa beton namun keaslian dan keindahan di dalamnya tidak berubah.

Stalagtit dan stalagmitnya masih alami dan bentuk dasar gua juga tidak berubah. Pengunjung masih bisa merasakan dinginnya berada di dalam tanah.Goa ini memiliki panjang sekitar 250 meter dan berada 50 meter diatas permukaan air laut. Goa jatijajar berada di desa jatijajar kecamatan ayah yang merupakan kecamatan paling barat dari kabupaten kebumen.

Goa jatijajar pertama kali ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama jayamenawi, yang pada waktu itu tanpa sengaja terjatuh ke dalam gua waktu sedang mencari rumput di atas goa. Temuan itu kemudian dilaporkan ke penguasa pada waktu itu yang kemudian di eksplorasi lebih lanjut. Penamaan goa jatijajar sendiri konon karena di mulut goa ada dua buah pohon jati yang tumbuh berjajar sehingga disebutlah goa jatijajar.

Goa jatijajat memiliki keunikan sendiri dibanding dengan goa linnya yaitu adanya sungai yang mengalir di dalam goa. Tepatnya ada 4 sungai atau yang biasa disebut sendang oleh warga sekitar, empat sendang itu adalah:

  • Sendang Kantil
  • Sendang Mawar
  • Sendang Jombor
  • Sendang Puser Bumi

Dari keempat sendang itu hanya dua yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yaitu sendang mawar dan sendang kantil. Sedangkan sendang jombor dan sendang puser bumi aksesnya ditutup untuk umum karena letaknya yang agak susah untuk dijangkau. Jika pengunjung ingin melihat dua sendang itu bisa saja namun harus ditemani oleh juru kunci goa jatijajar yang akan membimbing untuk sampai kelokasi.

Untuk menuju ke objek wisata goa jatijajar aksesnya sangat mudah, bagi yang menggunakan kendaraan sendiri bisa langsung saja dari jalan raya purwokerto – kebumen belok keselatan di pos polisi sektor ijo menempuh jarak sekitar 15 km dan sampailah ke lokasi. Sedangkan bagi yang menggunakan moda angkutan umum bisa naik angkutan jurusan jatijajar dari kota gombong, cukup sekali naik dan sampailah anda ke lokasi objek wisata goa jatijajar.