makanan

Tips Merebus Dengan Sehat

Tips Merebus Dengan Sehat

Tips Merebus Dengan Sehat – Memasak berpengaruh kepada kesehatan. Anda harus memperhatikan cara masak anda agar nilai gizi, vitamin dan nutrisi di dalam makanan tidak hilang begitu saja ketika anda memasak.

Banyak hal yang harus anda perhatikan dalam proses memasak, khususnya dalam proses merebus. Jika anda memperhatikan poin poin penting dalam merebus, anda dapat membuat makanan yang nantinya akan berpengaruh kepada kesehatan keluarga anda, dan nutrisi dalam sayuran yang anda rebus tidak akan hilang sebelum anda cerna.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi hilangnya kadar nutrisi di dalam sayuran yang anda masak.

Dalam memasak, yang baik dan sehat, anda tentunya tidak ingin kalau kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran pada hilang ketika anda hendak memakannya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, misalkan:

  • Jangan menggunakan terlalu banyak air ketika anda merebus. Ketika anda mengguanakan terlalu banyak air ketika merebus, sayuran yang anda rebus kemungkinan tidak akan maksimal dalam proses perebusannya.
  • Jangan merendam sayuran yang akan anda rebus, cucilah sayuran dengan air keran yang mengalir. Sebelum anda merebus sayuran yang akan anda rebus, biasanya anda akan dan harus mencucinya terlebih dahulu. Mencuci sayuran haruslah bertujuan untuk menghilangkan bakteri, namun jika kita merendam, sayuran tersebut hanya akan membuat kandungan nutrisi dalam sayuran tersebut menghilang. Perlu kita ketahui juga bahwa vitamin C sangat rentan terhadap panas.
  • Buanglah air perebusan sesusah anda pakai untuk merebus. Jangan pergunakan kembali air tersebut sebagai bagian dari proses memasak lagi.
  • Sayuran yang akan anda rebus, hendaknya jangan dipotong terlalu kecil dan dibiarkan terlalu lama sebelum hendak dimasak.
  • Biarkan air yang dipakai untuk merebus mendidih terlebih dahulu sebelum anda memasukkan sayuran yang hendak anda rebus ke dalamnya. Pada saat memasak, sebaiknya anda perhatikan kembali waktu dan suhu yang anda gunakan ketika merebus. Waktu merebus yang terlalu lama akan membuat semakin banyak nutrisi hilang dalam sayuran. Semakin sedikit air yang anda pakai ketika merebus, maka akan semakin banyak nutrisi yang dapat melekat dalam sayuran. Namun perlu diperhatikan bahwa air jangan sampai habis dalam proses perebusan tersebut.
  • Jangan biarkan panci terbuka pada saat merebus. Sebaiknya menutup wadah panci ketika anda merebus.

Anda juga dapat bervariasi dengan mencoba metode blanching, dimana kita merebus sayuran dalam waktu yang cepat pada suhu air yang rendah, tepatnya sebelum air mendidih. Dengan demikian anda tidak akan kehilangan banyak vitamin dan mineral yang akan larut dalam air selama proses perebusan resep makanan anda tersebut. Di samping itu, anda juga dapat mengonsumsi air rebusan tersebut layaknya sup.

Demikianlah beberapa cara merebus yang baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat.