Otomotif

Tips Membeli Mobil dengan Mesin Diesel yang Sudah Setengah Pakai

Mobil merupakan salah satu kendaraan atau alat transportasi yang memiliki 4 roda dan salah satu jenisnya adalah mesin diesel. Jenis mobil dengan mesin diesel ini terkenal bandel dan tangguh namun minim biaya perawatan. Tidak heran jika mobil diesel masih banyak peminatnya walaupun sudah setengah pakai. Terdapat tips membeli mobil dengan mesin diesel yang dapat membantu Anda mendapatkan mobil second berkualitas.

 

Pertama, cek apakah mobil second tersebut mudah untuk dinyalakan atau tidak. Karena jenis mobil ini menggunakan busi pijar untuk menghidupkan mesinnya maka Anda dapat mengeceknya saat mesin mobil tersebut masih dingin dan jika bekerja dengan baik maka mesinnya akan lebih mudah untuk menyala dan busi masih bekerja dengan baik. Ketika mobil sudah menyala, tips membeli mobil mesin diesel adalah dengan mendengarkan suaranya. Dengarkan baik-baik apakah ada suara yang mengganggu saat pedal gas ditekan dan kondisi idle atau stationer ketika di gas.

Tips Membeli Mobil dengan Mesin Diesel yang Sudah Setengah Pakai

Kedua adalah dengan mengecek kompresi mesin karena hal tersebut sangat penting untuk memastikan apakah mobil mempunyai kompresi yang masih baik. Untuk mengeceknya dibutuhkan 2 orang yang 1 untuk menyalakan mesin dan menginjak pedal gas dan yang satu untuk mengecek langsung. Caranya adalah:

 

  • Buka cap mesin.
  • Nyalakan mesin mobil diesel tersebut
  • Buka bagian tutup lubang tempat untuk memasukkan oli mesin.
  • Injak pedal gas.
  • Rasakan hembusan udaranya apakah kuat atau tidak. Jika terasa kuat, maka kompresi mesin berarti sudah menurun dan perlu untuk mempertimbangkan jika Anda membeli mobil diesel bekas tersebut.

 

Tips membeli mobil dengan mesin diesel bekas yang dapat Anda lakukan pengecekannya agar Anda memperoleh mobil bekas yang berkualitas yaitu:

 

  • Pastikan jika filter mobil yaitu solar, oli dan udara dapat bekerja dengan baik.
  • Jangan lupa untuk mengecek kondisi oli mesin. Apabila oli berada di batas minimum atau berada jauh dari titik normal ataupun jika oli terlalu kental berarti mobil diesel kurang terawat dengan baik.
  • Periksa bagian injector mesin dengan melihat apakah ada asap yang hitam dan pekat yang keluar dari knalpot atau tidak dan pertimbangkan jika keluar asap hitam dan pekat.