Kesehatan

Tips dan Cara Menggoreng yang Baik dan Benar

Tips dan Cara Menggoreng yang Baik dan Benar

Tips dan Cara Menggoreng yang Baik dan Benar – Memasak makanan Indonesia ada kalanya kita menggunakan teknik atau metode menggoreng. Menggoreng merupakan teknik memasak yang mudah kita temui di Indonesia. Makanan yang dimasak dengan metode menggoreng ini selain enak, lezat, garing dan gurih, juga mudah untuk ditemui dan sudah tidak asing lagi di Indonesia. Menggoreng memang kedengarannya sangat mudah, namun jika kita tidak menggoreng dengan baik dan benar maka makanan yang dihasilkan bisa bisa tidak matang secara merata. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang harus kita ketahui agar menggoreng dapat dilakukan dengan maksimal dan tepat sehingga makanan yang dihasilkan pun juga maksimal.

Perhatikanlah suhu minyak
Suhu minyak haruslah kita perhatikan karena suhu minyak merupakan faktor terpenting dalam menggoreng. Setelah anda memasukkan makanan, maka suhu minyak dalam penggorengan akan menurun. Selalu jaga minyak dalam keadaan panas, jika minyak terlihat agak berasap, berarti minyak terlalu panas. Biasanya beberapa resep makanan mengharuskan kita untuk menggoreng dengan suhu minyak hingga 160 mencapai 190 derajat celcius. Jika anda menggoreng dengan minyak yang tidak panas, maka makanan yang anda masak tidak akan maksimal. Biasanya makanan yang dihasilkan tidak akan renyak, cenderung berwarna coklat pekat dan berminyak. Dapat dipastikan juga bahwa jika anda menggoreng dengan minyak yang tidak panas, maka makanan yang dihasilkan pasti akan terasa pahit dan tidak enak.

Perhatikan jumlah makanan yang anda goreng
Mungkin ketika anda menggoreng, anda akan mengira bahwa menggoreng sekaligus semua bahan makanan akan menghemat waktu memasak anda. Namun anda harus memperhatikan jumlah makanan saat anda menggoreng untuk tidak menggoreng berlebihan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Sebaiknya jika anda sedang menggoreng perhatikanlah jumlah makanan yang anda goreng (sesuai dengan kapasitas minyak dan wajan).

Jika makanan yang hendak anda goreng adalah makanan beku, sebaiknya goreng dengna jumlah yang sedikit dan pas untuk menjaga suhu minyak tetap terjaga. Pastikan minyak juga dalam keadaan bersih dengan cara menyendoki sisa makanan atau remah makanan sisa yang tertinggal pada minyak penggorengan.

Jangan melempar makanan ketika anda menggoreng
Ketika melakukan proses penggorengan, pastikan untuk tidak memasukkan makanan dengan cara dilempar. Dengan melempar makanan ke dalam penggorengan justru akan membuat minyak memercik ke arah anda. Memang salah satu ketakutan kita saat menggoreng terletak kepada saat minyak memercik ke arah kulit kita sehingga dengan sadar atau tidak, kita akan melempar makanan itu ke dalam wajan dan minyak pun memercik ke arah kita dan ahnya mengotori dapur. Masukkan secara perlahan makanan kedalam minyak tidak akan membuat minyak terkejut, atau jika anda takut, anda bisa mengakalinya dengan memasukkan makanan kedalam wajan dengan cara meletakkan makanan di atas spatula dan kemudian memasukkannya di atas minyak panas.

Tiriskan makanan siap penggorengan terlebih dahulu
Ketika kita siap menggoreng makanan, biasanya makanan tersebut akan mengandung minyak yang meresap ke dalamnya. Kurangi kadar minyak di dalamnya dengan cara tiriskan makanan tersebut ke dalam kertas tisu agar minyak dapat terserap ke dalam kertas tisu tersebut.

 

Sekian artikel mengenai Tips dan Cara Menggoreng yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat untuk anda.