Kesehatan

Pentingnya Menyikat Gigi untuk Kesehatan Anak

Pentingnya Menyikat Gigi untuk Kesehatan Anak

Pentingnya Menyikat Gigi untuk Kesehatan Anak – Menyikat gigi sejak dini sangat penting untuk diajarkan kepada anak anak. Gigi anak merupakan salah satu hal yang tidak dapat kita sebagai orang tua kita abaikan begitu saja. Gigi rusak pada anak memang biasanya normal dan tampak wajar bagi kita. Namun sebenarnya hal ini tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut anak jika gigi rusak tersebut dibiarkan terlalu lama. Ada banyak sekali akibat dan dampak yang dapat ditimblkan jika rusak pada gigi anak dibiarkan terlalu lama.

Kerusakan gigi anak yang berlarut dapat menyebabkan berubahnya bentuk mulut anak dan tatanan gigi pada saat anak dewasa nanti (gigi yang memiliki jarang jarang). Oleh karena itu, pentingnya menyikat gigi untuk kesehatan anak ini harus kita tanamkan pada diri anak sedini mungkin. Selain dapat menjaga kesehatan gigi anak, mulut si anak juga dapat memberikan hasil yang terbaik bagi anak anak kita. Kesehatan pada mulut dan gigi ini adalah salah satu proses terpenting ketika menjaga kesehatan pada anak, karena pada dasarnya makanan yang masuk ke dalam tubuh, sebelumnya melewati mulut dan gigi yang mengunyah makanan tersebut. Jika gigi dan mulut sang anak kotor dan jarang menyikat gigi, maka makanan yang melewati mulut akan tercemar dan akan masuk ke dalam tubuh si anak. Kesehatan dan kebersihan pada mulut dan gigi kita juga merupakan salah satu penunjang utama rasa percaya diri sang anak ketika mereka beranjak dewasa nantinya. Anda tidak mau kan jika anak anda memiliki gigi yang hitam dan berlubang lubang ketika dewasa nanti.

Menjaga pentingnya menyikat gigi untuk kesehatan anak sangat penting untuk diajarkan sejak dini. Meski tidak mengonsumsi berbagai makanan, namun jika sang anak minum, maka hal yang sama akan terjadi. Menjaga gigi tetap bersih sangat penting untuk menghindari proses kerusakan gigi, seperti gigi berlubang dan gigi keropos.

Orang tua dapat mencoba cara mengenalkan dokter gigi kepada anak, yaitu dengan mengajak anak ikut menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur dan menyakinkan mereka untuk menyikat gigi setelah sehabis makan. Selain itu orang tua harus memperhatikan pola makan anak. Jangan memberikan makanan makanan yang terlalu manis dan lengket untuk anak, sebab makanan jenis ini sangat mudah tertinggal di dalam gigi anak, apalagi gigi anak anda sudah mulai berlubang. Jika sisa makanan tertinggal di dalam gigi anak, maka sisa makanan manis dan lengket tersebut akan bereaksi di dalam mulut dan membentuk asam yang merusak email pada gigi anak. Hal ini pastinya mengakibatkan timbulnya gangguan gigi seperti gigi berlubang pada anak atau yang lebih dikenal dengan istilah karies.

Mengingat efek jangka panjang yang dapat dirasakan anak mengenai gigi berlubang,maka sebagai orang tua yang baik kita seharusnya ikut berpatisipasi untuk mengurangi resiko tersebut sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah makanan dan minuman manis untuk dikonsumsi pada anak. Minuman manis ini berupa jus dan sirup pada anak tentunya. Memakan makanan manis untuk anak memang tidak terhindarkan, namun kita dapat mengakalinya dengan memberi mereka minuman air mineral yang banyak setelah mereka mengonsumsi makanan manis untuk menetralisir mulut dan gigi mereka dari sisa makanan yang sebelumnya mereka makan. Langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah menyadarkan sang anak sejak dini dengan memberitahu dan mengajarkan mereka pentingnya menyikat gigi untuk kesehatan anak anak. Demikianlah beberapa informasi mengenai pentingnya menyikat gigi untuk kesehatan anak. Semoga bermanfaat untuk anda dalam mendidik anak anda agar gigi sang anak tetap sehat dan tidak berlubang.