Uncategorized

Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Enak dan Murah

Cirebon merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Dimana kota ini sukses menciptakan rasa ketagihan terhadap para wisatawan yang pernah singgah untuk berlibur. Terlebih lagi, kota di Jawa Barat ini memiliki keanekaragaman wisata kuliner yang mampu memanjakan lidah dan membuat ketagihan.

Ketika berlibur ke Cirebon, sangat disayangkan jika tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Mengingat di Cirebon sendiri terdapat banyak oleh-oleh yang berupa makanan dan produk daerah. Berikut daftar oleh-oleh khas Cirebon yang enak dan murah, sehingga patut dicoba.

Serabi

Oleh-oleh khas Cirebon yang cukup terkenal ialah serabi. Serapi merupakan salah satu makanan tradisional yang berbahan dasar tepung dengan tambahan gula dan telur, dimana cara pemasakannya ialah dengan dipanggang menggunakan bara api.

Serabi memiliki beberapa macam topping manis, yakni coklat dan keju. Namun selain itu, ada beberapa topping lainnya yang tak kalah enaknya. Selain rasa yang enak dan mantap, aroma bakar serabi ini juga terbilang sangat khas dan sempurna.

Kerupuk Melarat

Anda pernah mendengar oleh-oleh kerupuk melarat ? Dinamakan kerupuk melarat karena proses penggorengannya tidak menggunakan minyak goreng sedikit pun, melainkan menggunakan pasir. Tidak perlu khawatir kotor dan tidak layak dimakan karena pasir yang digunakan untuk menggoreng tersebut merupakan jenis pasir yang bersih.

Kerupuk melarat memiliki warna yang cerah dan berwarna-warni. Warna yang mendominasinya ialah warna merah dan hijau. Tak perlu khawatir akan kesulitan mencari kerupuk ini karena kerupuk ini dapat ditemukan di sepanjang kota Cirebon.

Kerupuk Lambak

Selain kerupuk melarat, ada pula kerupuk lambak khas Cirebon yang patut dicoba. Kerupuk lambak merupakan jenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi. Dimana kulit sapi yang akan dijadikan kerupuk tersebut disamak dan dibersihkan dengan teliti, kemudian digoreng dengan minyak yang sangat panas.

Kerupuk lambak memiliki rasa yang sangat gurih dengan tekstur yang sangat renyah. Karena merupakan oleh-oleh khas Cirebon, kerupuk ini pun mudah dijumpai di warung makan di sepanjang kota Cirebon.

Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

Oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya ialah jeniper (jeruk nipis peras). Jeniper merupakan sejenis jeruk nipis yang dikemas ke dalam botol sirup yang siap untuk diminum. Rasa yang disuguhkan dari oleh-oleh yang satu ini tentu rasa jeruk nipis yang segar dan kuat.

Karena rasa jeruknya yang khas dan mudah dikonsumsi dimana pun, tidak ada salahnya Jeniper dijadikan sebagai oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berkunjung ke kota Cirebon.

Tape Ketan

Oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya ialah tape ketan. Sesuai namanya, makanan yang satu ini berbahan dasar ketan yang difermentasikan dengan ragi dan kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Tape ketan memiliki cita rasa manis dan asam yang memanjakan lidah.

Jajanan tape ketan rupanya dapat ditemui di pasar tradisional atau juga di beberapa tempat makan di kota Cirebon. Harganya yang cukup murah dan terjangkau menjadi alasan tape ketan banyak dicari oleh para wisatawan untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Gula Batu

Cirebon juga memiliki oleh-oleh khas berupa gula batu. Gula batu khas Cirebon berbentul kristal keras yang diklaim jauh lebih sehat ketimbang gula pasir biasa. Hal ini disebabkan gula batu rupanya lebih mudah diserap oleh pankreas sehingga lebih bersahabat untuk kesehatan.

Gula batu dapat larut dengan mudah ketika diseduh dengan menggunakan air yang benar-benar panas. Rasa manisnya terbilang sangat pas, sehingga dapat dikonsumsi untuk semua orang, termasuk para penderita diabetes. Selain rasa original, gula batu khas Cirebon juga memiliki varian rasa lainnya, yakni rasa lemon dan rasa leci.