Emas

Neraca Sama Lengan: Alat Untuk Mengukur Massa Cincin Emas

alat pengukur emas

Cincin emas merupakan perhiasan yang sangat dikenal oleh Anda semua, mulai dari cincin emas yang berwarna kuning hingga cincin emas yang berwarna putih. Penggemar akan cincin emas mungkin bisa dikatakan banyak dan tidak ada habisnya, karena tidak hanya memiliki fungsi sebagai aksesoris perhiasan saja tetapi juga dijadikan sebagai sebuah investasi tabungan. Memiliki harga yang bisa dibilang tidak murah, membuat cincin emas ini dijadikan oleh kebanyakan dari Anda sebagai alat investasi. Walaupun bukan untuk investasi utama, tetapi tetap memiliki keuntungan. Harga dari sebuah cincin dinilai dari jumlah massa yang dimiliki oleh cincin emas tersebut. Oleh karena itu untuk mengetahuinya, Anda perlu menggunakan alat untuk mengukur massa cincin emas agar mengetahui berat dan harga cicin tersebut berapa.

 

Alat Pengukur Massa Cincin

Jika Anda pernah pergi ke pasar, pasti Anda akan melihat bahwa banyak para pedagang yang menggunakan alat untuk mengetahui berat massa. Nah, alat tersebut dikenal dengan timbangan atau bisa juga neraca. Tidak hanya bahan-bahan pokok saja yang menggunaka neraca, ternyata alat untuk mengukur massa cincin emas juga menggunakan neraca. Banyak macam dan jenis dari neraca ini karena disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Untuk cicin emas sendiri, biasanya lebih menggunakan jenis neraca yang memiliki dua lengan atau biasa disebut dengan neraca sama lengan.

alat pengukur emas
alat pengukur emas

Neraca sama lengan merupakan suatu alat untuk mengukur massa cincin emas yang biasa ditemukan dan digunakan oleh toko-toko penjual perhiasan emas, dimana alat ini memiliki anak timbangan dan dua piringan yang masing-masing memiliki berbagai satuan massa. Kedua piringan yang ada, biasanya untuk tempat meletakan cincin emas agar diukur massanya, dan anak timbangan dijadikan sebagai perbandingan satuan besarnya. Cara penggunaannya cukup simple, dimana Anda perlu menyeimbangkan kedua piringan. Jika sudah, Anda tinggal meletakan cincin emas pada salah satu piringan dan meletakan anak timbangan pada piringan lainnya hingga seimbang kembali. Nah, dari situ Anda bisa mengetahui hasil dari massa cincjn emas Anda sama dengan massa anak timbangan. Sehingga Anda bisa menghitung kira-kira denhan jumlah massa cincin emas yang ada berapa harganya jika dijadikan sebagai investasi.

Informasi mengenaiĀ cincin emasĀ bisa anda cari di EmasHariIni.Com karena lengkap mengenai semua tentang emas. Silahkan berkunjung untuk mengetahui update tentang emas.