Kesehatan

Mengasah Otak Anak Dengan Kegiatan Sederhana

Perkembangan otak anak merupakan hal yang amat perlu diperhatikan oleh orangtua. Tapi sayangnya orangtua cenderung lebih memperhatikan pada aspek kecerdasan serta pengetahuan anak. Padahal sedikitnya ada 4 aspek yang perlu kita diperhatikan bila menyangkut perkembangan otak anak.

Empat aspek dalam perkembangan otak anak tersebut yaitu kemampuan anak berkonsentrasi, daya ingat, pengendalian impuls, dan kemampuan perencanaan anak.

Mengasah Otak Anak Dengan Kegiatan Sederhana

Ke-4 aspek tersebut bisa dilatih dengan cara melakukan berbagai kegiatan bersama orang tua di rumah.berikut beberapa cara untuk  Mengasah Otak anak:

  • Menggambar & Mewarnai

Ketika menggambar serta mewarnai, anak diharuskan berkonsentrasi. Anak juga melibatkan semua anggota pada tubuh, pikiran dan perasaan mereka dengan bersamaan sehingga akan membuat mereka memahami menggunakan kekuatan otak ketika melakukan aktivitas ini.

  • Bercerita

Storytelling atau bercerita ternyata memiliki manfaat lebih dari sekadar sebagai pengantar tidur. Dengan mendengarkan bercerita, maka anak akan terlatih memberikan atensi maupun berkonsentrasi dengan apa yang kita katakan. Mendengarkan cerita juga bisa menstimulasi bagian otak lainnya yang berbeda dengan otak yang terstimulasi saat anak membaca buku. Kegiatan tersebut juga bisa meningkatkan kemampuan daya ingat anak.

  • Bermain Apa ini? Apa itu?

Cobalah untuk mengisi sebuah kantung dengan beberapa mainan. Kita bisa memberikan tema mainan tersebut, misalnya alat transportasi, hewan, dan sebagainya. Kemudian tantang anak untuk menebak beberapa jenis mainan didalam kantung dengan merabanya. Kita dapat membiarkan anak merabanya dari bagian luar kantung maupun dari dalam lalu menyuruhnya menutup mata. Permainan tersebut membutuhkan daya ingat dan kemampuan anak dalam menghubungkan informasi sensor pada anak dengan pengetahua terhadap bentuk-bentuk tersebut.

  • Bermain Detektif

Cobalah perkenalkan anak pada sebuah benda, kemudian sembunyikan benda tersebut. Lalu tantang anak agar menemukkannya dengan memberi beberapa petunjuk yang akan membawanya lebih dekat pada benda tersebut. Permainan ini akan sangat membantu anak untuk mengasah kemampuan perencanaan. Anak akan menghubungkan petunjuk verbal beserta hal-hal yang dilihatnya, dan menyesuaikan rencana dengan makin bertambahnya informasi yang didapat dari kita.

  • Memasak Bersama

Kebanyakan anak sangat suka makanan ringan manis seperti cookies maupun biskuit. Hal tersebut dapat kita manfaatkan dengan mengajak anak membuat kue bersama. Membuat masakan dengan mengikuti resep akan melatih anak bekerja dengan perencanaan serta terus memperhatikan langkah yang selanjutnya dalam perencanaan.

  • Bermain Peran

Bermain peran akan melatih daya ingat pada anak. Anak diharuskan untuk menjadi karakter tertentu dan menyesuaikan dialog yang berdasarkan keadaan serta plot. Ini juga bisa melatih pengendalian diri pada anak dan memaksa anak berfikir secara fleksibel. Tak harus bermain peran dalam drama pertunjukkan. Bermain peran di rumah seperti dokter-pasien serta polisi-penjahat juga cukup untuk mengasah 4 aspek fungsi eksekutif pada anak.

Demikianlah sobat Wyeth Parenting  ulasan tentang mengasah otak anak. Semoga bermanfaat bagi orang tua untuk mengembangkan potensi anak. Maka cobalah beberapa kegiatan sederhana tersebut di rumah untuk Mengasah Otak anak.