Emas

Mengapa Emas Putih Haram Bagi Pria?

emas putih

Perhiasan merupakan sebuah aksesoris yang banyak disukai dan dipakai oleh banyak orang, khususnya para wanita. Biasanya perhiasan itu identik dengan berlian, emas, ataupun lainnya. Nah, kebanyakan dari Anda mungkin lebih memilih emas untuk perhiasan Anda. Hal ini dikarenakan, selain dijadikan sebagai aksesoris perhiasan berbahan emas ini juga dapat dijadikan sebagai sebuah investasi. Sehingga tidak heran jika permintaan akan perhiasan emas ini cukup banyak. Biasanya perhiasan emas memang identik wanita yang menggunakan, lalu apakah pria juga boleh? Sebenarnya jarang sekali pria menggunakan perhiasan kecuali jam tangan. Tetapi, terkadang ada jam tangan yang terbuat dari emas dan pada dasarnya pria diharamkan untuk memakai segala jenis apapun perhiasan yg terbuat dari emas. Lalu jika emas murni haram untuk pria, apakah emas putih haram juga untuk digunakan oleh Anda para pria?

 

Alasan Emas Putih Haram

Pada dasarnya emas memiliki warna kuning, namun jika Anda pernah melihat bahwa dipasaran ada beberapa jenis emas yang diperjualkan namun tidak berwarna kuning, sebut saja seperti emas putih. Mungmin beberapa dari Anda menganggap bahwa itu bukan dari emas, melainkan dari platinum atau bahan lainnya saja dan  hanya penyebutan juga yang menggunakan kata “emas” karena harganya yang cukup mahal seperti emas. Namun tahukah Anda mengapa emas putih diharamkan? Hal ini dikarenakan emas putih merupakan sebuah perhiasan atau aksesoris yang berbahan dasar emas tetapi dilapisi atau disepuh dengan sebuah logam yang berwarna putih. Misalnya seperti palladium atau bisa juga perak.

 

emas putih
emas putih

Sehingga pada dasarnya emas putih tersebut tetap saja adalah emas, karena yang dimaksud dengan emas putih itu ialah sebenarnya bukan murni emas tetapi terdapat lapisan yang membungkusnya atau membalurnya menjadi putih. Jadi sudah jelas bahwa hukumnya haram jika Anda para pria menggunakan emas, tidak kecuali emas putih. Hal ini dikarenakan emas putih haram adalah emas yang hanya dilapisi oleh bahan lain, sehingga hukumnya tetap berlaku sama seperti emas murni. Hal ini dimaksudkam agar Anda para pria tidak menyerupai wanita karena menggunakan aksesoris-aksesoris seperti itu, dan juga agar Anda terhindar dari perbuatan riya atau perbuatan yang berlebih-lebihan.

Jika anda ingin mengetahui mengenai emas putih lebih lanjut atau harga nya, bisa anda kunjungi emashariini.com lengkap mengenai harga emas putih per gram dalam rupiah.