Bisnis

Memahami Pengertian, Tujuan dan Fungsi Akuntansi Biaya

Akuntansi sebenarnya adalah ilmu yang sangat menarik untuk dipelajari. Hanya saja, manfaat dari memahami akuntansi ini hanya bisa dirasakan oleh segelintir orang saja, terutama orang yang memiliki keinginan untuk membuka sebuah usaha, pemilik usaha atau orang yang sedang mengelola sebuah usaha. Nah, ilmu akuntansi ini tidak hanya membahas soal uang saja sebenarnya, tetapi juga membahas beberapa cabang ilmu yang lainnya dimana cabang ilmu tersebut masih memiliki hubungan dengan pelaporan keuangan suatu perusahaan atau instansi. Karena ilmu akuntansi ini cukup luas, maka kami akan mempersempit pembahasan dalam artikel kali ini, yang akan lebih difokuskan pada pengertian, tujuan serta fungsi akuntansi biaya.

Memahami Pengertian, Tujuan dan Fungsi Akuntansi Biaya
Memahami Pengertian, Tujuan dan Fungsi Akuntansi Biaya
  • Pengertian Akuntansi Biaya
    Oke, sebelum kami menjabarkan soal pengertian dari akuntansi biaya, terlebih dahulu kami akan memberikan ulasan mengenai pengertian biaya. Jadi, biaya ini merupakan pengorbanan sumber ekonomis, yang biasa diukur dengan satuan uang. Biaya juga bisa diartikan dengan bagian dari harga pokok yang dikeluarkan demi memperoleh penghasilan.
    Sedangkan akuntansi biaya adalah proses pencatatan, sekaligus penggolongan, peringkasan dan juga penyajian data biaya pembuatan serta penjualan produk atau jasa menggunakan cara tertentu disertai dengan penafsiran terhadapnya.
  • Tujuan Akuntansi Biaya
    Adapun tujuan dari akuntansi biaya ini antara lain:

    • Mengumpulkan serta menyajikan informasi dan juga pernyataan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen berkenaan dengan tugasnya dalam merencanakan serta membuat keputusan
    • Memastikan keuntungan yang bisa didapat perusahaan dari setiap kegiatan
    • Biaya kontrol, yakni untuk menjaga biaya di bawah cek
    • Menetapkan biaya serta harga penjualan
  • Fungsi Akuntansi Biaya
    Akuntansi biaya merupakan metode akuntansi yang bisa mendukung kegiatan operasional perusahaan bahkan hingga memberikan harga yang pas untuk barang produksi. Selain itu, akuntansi biaya ini masih memiliki fungsi yang lainnya, antara lain:

    • Merupakan Informasi Biaya yang Bisa Digunakan oleh Pihak Manajemen untuk Mengendalikan Perusahaan
      Ini merupakan fungsi akuntansi biaya yang paling penting, yakni bisa digunakan sebagai alat serta metode yang bisa dimanfaatkan oleh pihak manajemen untuk mengendalikan perusahaan. Maka dari itu, pihak manajemen perlu mengetahui data serta informasi mengenai proses produksi yang dilakukan, sudah sesuaikah atau justru terdapat penyimpangan, dan akuntansi biaya bisa memberikan informasi tersebut.
    • Merupakan Sumber Data untuk Menyusun Anggaran
      Perusuhaan sudah pasti perlu menyusun yang namanya anggaran produksi sebagai panduan berapakah biaya yang boleh untuk dikeluarkan dalam membuat produk tertentu dalam jumlah tertentu. Nah, akuntansi biaya bisa dijadikan acuan dalam penyusunan anggaran bbiaya produksi ini dengan melihat dari laporan produksi yang sudah disusun di masa lalu.
    • Merupakan Informasi Dasar dalam Perencanaan Biaya serta Beban
      Pemilik usaha pasti menginginkan usahanya bisa bertahan lama dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Makanya, untuk menunjang keinginan tersebut ada periode produksi baru, dan akuntansi biaya bisa dijadikan sebagai informasi dasar dalam upaya melahirkan laporan yang bakal digunakan pada periode produksi baru tersebut.
      Perencanaan produksi ini tentu saja sangat penting dan paling tidak biaya produksi yang sudah digunakan di masa lalu dan masa sekarang relatif sama dalam jumlah yang sama pula.
    • Alat untuk Menentukan Perhitungan dan juga Pelaporan Harga Pokok Produk
      Nah, fungsi akuntansi biaya yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah bisa digunakan untuk menentukan perhitungan dan juga membuat laporan soal HPP atau Harga Pokok Produk. HPP ini sangat penting untuk diketahui dan dicatat agar bisa dijadikan dalam pengambilan keputusan selanjutnya.

Oke, itulah ulasan singkat kami mengenai pengertian, tujuan dan fungsi akuntansi biaya. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda dan semoga bermanfaat ya.