Kesehatan

Manfaat Lari Pagi untuk kesehatan

Apa argumen Anda tentang lari pagi ? Jawabannya dapat bermacam, dari mulai untuk buat hari jadi tambah baik (seperti yang tersingkap dalam survey yang dikerjakan Brooks tahun 2016) sampai supaya dapat mencapai personal best waktu lomba.

Apa pun argumen Anda, sudah terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan kalau berolahraga teratur berguna untuk kesehatan. Dengan spesial, lari dimaksud bisa menghindar kegemukan, penyakit jantung, stroke, serta diabetes type 2. Bukan sekedar manfaat fisik, lari dapat juga tingkatkan kwalitas kesehatan jiwa serta buat Anda bahagia. Ini buktinya :

lari pagi

1/Buat bugar.
Mungkin saja ini manfaat berolahraga paling basic yang kita semua paham. Kita juga paham berolahraga membakar kalori waktu kita tengah mengerjakannya. Bonusnya, pembakaran kalori itu selalu berlangsung bahkan juga sesudah usai olahraga, dimaksud EPOC (excess post oxygen consumption). Berita baiknya, Anda tidak butuh lari sprint untuk dapat mencapai manfaat ini. Cukup lari dengan intensitas sekitaran 70 % dari VO2 max (itu kurang lebih sedikit lebih cepat dari easy pace serta sedikit lebih lambat dari marathon pace), sekian seperti diambil dari Runner’s World.

2/Tingkatkan kebal badan
Dengan badan bugar, automatis kebal badan juga bertambah. Satu studi dari Swedia menunjukkannya : orang yang berolahraga satu jam satu hari mempunyai peluang menanggung derita infeksi saluran pernafasan atas 18 % lebih rendah dari pada yg tidak aktif. Anda jadi lebih tidak sering flu atau bersin.

3/Membuat kemampuan tulang.
Pendapat umum menyebutkan kalau lari tidak baik untuk tulang. Studi dari University of Missouri, Amerika tunjukkan kebalikannya. Dalam studi yang memperbandingkan kepadatan tulang pelari serta pesepeda, diketemukan kalau 63 % pesepeda miliki kepadatan tulang yang rendah pada tulang belakang atau pinggul mereka. Cuma 19 % pelari yang diketemukan begini.

4/Buat bahagia.
Sempat dengar arti runner’s high? Arti itu merujuk pada luapan hormon endocannabinoids yang keluar sesudah lari serta menyebabkan perasaan suka. Lari juga menolong menangani stres, bahkan juga sesudah olahraga. Serta itu cukup hanya lakukan latihan intensitas tengah. Ingin bukti sekali lagi? Dalam Journal of Adolescent Health, dijelaskan kalau 30 menit lari dengan intensitas tengah lima hari satu minggu sepanjang tiga minggu dapat tingkatkan kwalitas tidur, situasi hati (mood), serta konsentrasi selama seharian.

5/Perpanjang umur.
Ini data dari jurnal PLOS Medicine yang mempelajari banyak responden : waktu beragam type orang olahraga, umur mereka jadi bertambah. Umur non perokok jadi bertambah tiga tahun ; perokok 2, 6 tahun ; penyintas kanker 5, 3 tahun ; serta mereka yang miliki penyakit jantung 4, 3 tahun. Manfaat ini dapat dicapai bahkan juga apabila Anda cuma olahraga dalam batas minimum yakni 30 menit, lima kali satu minggu.

6/Menghindar pikun.
Berolahraga teratur (termasuk juga lari) menolong menghindar penurunan peranan badan yang terkait dengan penuaan, seperti daya ingat. Journal of the American Geriatrics Society tunjukkan, wanita yang aktif semasa remaja lebih sedikit peluangnya alami dimensia nantinya. Hasil sama diperlihatkan jurnal Psychonomic Bulletin & Review. Disebutkan orang yang berumur lebih tua serta miliki badan bugar tambah baik hasil tes mentalnya dari pada rekanan sebaya yg tidak sebugar mereka. Dalam kesimpulannya, ada penambahan penting pada peranan otak keseluruhannya dalam soal konsentrasi, rencana, serta penyusunan.