Religi

Kutamaan, Hikmah, dan Cara Puasa Sunnah Daud

Dalam mempraktekkan puasa Daud seorang muslim wajib memperhatikan hadits-hadits & aturan-anggaran kepercayaan yang lainnya. Misalnya ketika memasuki Bulan Ramadlan, maka memakai niscaya dia tidak mungkin bisa melakukan puasa Dawud, karena beliau harus berpuasa Ramadlan yang hukumnya fardlu & tidak boleh berniat dengan puasa yg lainnya, baik yang sunnah maupun yang fardlu yg lainnya, misalnya puasa nadzar.

Tata Cara dan hikmah puasa daud – Puasa Daud dilakukan sehari berpuasa kemudian keesokan harinya tidak berpuasa dan berpuasa lagi di keesokan harinya. Puasa Daud ini adalah sebaik-baiknya puasa jua mempunyai derajat puasa yang paling tinggi. Puasa daud ini paling disukai Alloh SWT.

Puasa daud yg dilakukan sehari berpuasa & besoknya tidak, lalu puasa lagi lusanya, dan terus dilakukan contohnya maka itulah semaksimal puasa. Tidak diperbolehkan lebih berdasarkan itu, misalnya menggabungkan antara puasa senin kamis dengan puasa daud, ini model yang tidak boleh.

Puasa Daud Ketika Bertemu Hari-Hari Puasa Sunnah Lain

Dalam melaksanakan puasa Sunnah Daud seorang muslim wajib memperhatikan hadits-hadits & aturan-aturan agama yang lainnya. Misalnya ketika akan mulai memasuki Bulan Suci Ramadhan, maka menggunakan pasti kalian tidak mungkin dapat melakukan puasa Sunnah Dawud, lantaran kalian wajib berpuasa Ramadhan yg hukumnya harus & nir boleh berniat menggunakan puasa yang lainnya, baik yang sunnah juga yang wajib yang lainnya, seperti puasa nadzar, contohnya:

Jika bertemu hari yg diharamkan.

Ketika memasuki hari-hari yg diharamkan untuk berpuasa, sudah dengan pasti kalian sama sekali nir boleh melaksanakan puasa pada hari tadi, seperti dalam 2 hari raya & hari-hari tasyriq. Kalian wajib meninggalkan puasa dalam hari-hari itu. Kalian nir boleh berpuasa dengan alasan melaksanakan puasa sunnah Daud..

Saat berhaji.

Ketika contohnya kalian melaksanakan ibadah haji, maka pada hari Arafah kalian justru disunnahkan buat nir berpuasa saat sedang melaksanakan wukuf pada Arafah. Mengapa ?Karena itulah petunjuk Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam & itulah yg dilakukan sang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika dia melaksanakan ibadah haji. Tidak karena berprinsip melaksanakan puasa sunnah Dawud, kemudian kalian tetap berpuasa pada hari itu, karena hari itu adalah pas hari giliran untuk bepuasa bagianya. Dan begitulah seterusnya. Kita wajib memperhatikan hadits-hadits & dalil-dalil yang lainnya. Tidak hanya merogoh sebuah hadits, kemukaliann mengesampngkan hadits-hadits yang lainnya, atau bahkan mencampakkannya sama sekali.

Puasa sunnah Daud Meliputi puasa sunnah yg lain.

Lantaran secara teori puasa daud merupakan puasa yang terbaik, maka tidak apa-apa baginya bila tidak berpuasa pada hari-hari yang disunnahkan  lainnya, seperti puasa hari senin & kamis, puasa hari Arafah, Hari ‘Asyura’ & lain-lain. Lantaran kalian sudah melakukan yg terbaik, maka puasa sunnah Dawud baginya sudah mencukupi seluruh puasa sunnah yang lainnya. Itu makna puasa sunnah Dawud sebagai puasa yang terbaik.