Tips

Kontrol Kamera Pentax K 1

Kontrol Kamera Pentax K 1

Melanjutkan rasa kontinuitas, menu K-1 akan segera akrab bagi banyak pengguna Pentax veteran. Pengaturan tombol kamera yang masuk akal dibagi menjadi lima tab, meliputi stills, movies, playback options, setup and custom settings.

Beberapa pengaturan bisa agak sulit ditemukan karena sifat nested dari sub menu. Bagian pengaturan Custom belum terlalu banyak, jadi tetap bisa dikelola dengan baik.

Kamera juga melanggengkan panel ‘Info’ Pentax yang ada yang menampilkan semua pengaturan kamera utama pada satu layar interaktif teknorus. Layar ini dapat disesuaikan – memungkinkan Anda untuk memilih pilihan mana yang muncul di panel dan posisi mereka.

Pilihan titik AF

Salah satu dari sedikit kelalaian yang jelas dari K-1 adalah pengendali titik AF khusus. Ini sama sekali tidak menekan kamera dengan hanya 33 titik AF yang bisa dipilih antara (bukan, katakanlah, 61 atau 55 poin terpilih yang ditawarkan oleh model Canon dan Nikon, masing-masing), namun masih terlihat.

 

Ini diambil dengan K-1 dan SMC Pentax K yang memasang lensa 24mm F2.8. Kualitas gambar lebih baik dari yang kita antisipasi tapi file Raw tergolong lembut.

Begitu lensa terpasang pada kamera, Anda akan diminta memberi tahu K-1 berapa panjang fokus lensa, sehingga bisa memilih pengaturan pengurangan goyang yang sesuai. Kamera kemudian harus diatur dalam mode pemotretan manual ‘M’ atau ‘Av’ dan Anda harus memilih pengaturan ISO tetap karena ISO otomatis akan dinonaktifkan.

Perlu dicatat bahwa aperture secara otomatis diatur untuk terbuka lebar sampai Anda secara manual melakukan penyesuaian. Meskipun banyak pengaturan ‘auto’ akan dinonaktifkan, Anda bisa memanfaatkan salah satu fungsi Ricoh yang lebih pintar; tombol ‘Hijau’ digunakan untuk menghentikan pengukuran. Ini sebagai cara praktis untuk cepat mengukur dan mengatur pemaparan yang benar mengingat aperture yang dipilih. Tekan tombol hijau dan kamera akan memilih kecepatan rana untuk memastikan pencahayaan yang benar diberikan aperture yang telah Anda pilih secara manual pada lensa.

 

Tidak ada pemilih titik AF khusus namun Anda dapat mengatur pengendali Four Way untuk bertindak sebagai satu, dengan tombol titik AF di atas untuk mengalihkannya kembali untuk mengendalikan keempat fungsi yang ditandai.

Sebagai gantinya, pengontrol 4 arah kamera berfungsi ganda, memberikan akses langsung ke empat pengaturan pengambilan gambar lalu beralih ke seleksi titik AF saat menekan sebuah tombol. Dengan senang hati, ada pengaturan menu yang mengubah keadaan default ini, jadi Anda dapat mengatur empat cara untuk mengendalikan AF sampai Anda menekan tombol titik AF untuk mengembalikan kontroler 4 arah ke beberapa fungsinya (WB, drive, dll.) . Ini adalah detail kecil tapi satu yang berarti kamera bisa dibuat untuk berperilaku sesuai keinginan Anda, secara pribadi, lebih suka. Namun, kami lebih memilih kontrol khusus karena tidak memiliki AF khusus untuk memilih AF poin agak membuat frustrasi.