Kesehatan

Khasiat Dan Cara Pengobatan Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Cara Pengobatan Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan – Rangga dipa adalah tanaman obat yang dapat menangani beragam jenis penyakit serta permasalahan kesehatan. Dari mulai masalah ringan sebagaimana influenza serta demam, sampai penyakit berat termasuk juga hernia serta TBC bisa diobati oleh tanaman ini. Mungkin saja anda pernah menemukan daun rangga dipa, namun anda belum mengenalnya lantaran ciri-cirinya tidak diketahui.

manfaat daun rangga

Nama lain dari rangga dipa yaitu sekar petak, mungkin saja dikarenakan bunganya yang berwarna putih. Sekar dalam bhs jawa bermakna bunga, sementara makna dari pethak yaitu putih.

Nama ilmiah dari rangga dipa yaitu Clerodendron indicum, termasuk kedalam keluarga verbenaceae. Tanaman ini kerap merambat di pagar, atau tumbuh liar di ladang dengan intensitas sinar matahari yang cukup atau sedang. Rangga dipa bisa tumbuh subur di dataran rendah ataupun tinggi, sampai 1,2 km diatas permukaan laut.

Tinggi tanaman perdu ini bisa mencapai 3 mtr., dengan batang bulat serta warnanya yaitu hijau. Pohonnya berongga dengan cabang yang simpodial. Daun rangga dipa berbentuk lanset, warnanya hijau serta mengkilap. Panjang daun ini bisa mencapai sekitaran 15 cm, dengan lebar optimal 4 cm.

Bunga rangga dipa berbentuk payung, majemuk, dengan bentuk mahkotanya sebagaimana tabung berwarna putih. Buahnya mempunyai warna coklat, dengan biji kecil berwarna hitam.

Daun rangga dipa memiliki kandungan sebagian senyawa kimia sebagaimana alkkaloid, polifenol, serta saponin. Kulit pohon serta akarnya memiliki kandungan flavonoida serta saponin. Sementara akarnya saja menaruh polifenol. Dampak farmakologis dalam tanaman ini termasuk juga diuretik, sejuk, serta agak pahit.

Berikut khasiat dan cara pengobatan daun rangga dipa bagi kesehatan :

1. Menangani sesak nafas serta asma

Perlakuan pada pasien asma umumnya dikerjakan dengan memakai alat bantu pernapasan, untuk mempermudah pengidap mendapatkan asupan udara. Langkah tradisional untuk menangani penyakit asma, salah satunya pengobatannya dengan cara penguapan dari daun rangga dipa.

Pertama, bersihkan segenggam daun rangga dipa dengan air mengalir. Jemur dibawah sinar matahari hingga daunnya jadi kering. Pungut daun kering ini, gulung sampai berbentuk kerucut. Bakar ujung daunnya, hirup uap yang keluar dari ujung yang lain.

2. Menangani bengkak akibat rematik atau terkilir

Nyeri serta rasa sakit lantaran penyakit rematik pastinya begitu mengganggu kebiasaan keseharian. Demikian juga bengkak di bagian badan akibat keseleo (terkilir). Cara pengobatanya, sediakan 12 gr daun rangga dipa. Bersihkan daunnya dengan air bersih, rebus dengan 700 ml air. Biarlah mendidih serta airnya tinggal 500 ml saja. Saring serta biarlah airnya jadi dingin. Minum secara teratur, sampai gejalanya hilang.

3. Menyembuhkan radang kandung kemih

Peradangan pada kandung serta saluran kemih bisa diobati lewat cara tradisional. Satu diantaranya dengan memakai rangga dipa. Ambillah segenggam rumput lidah ular serta rangga dipa, bersihkan dengan air yang mengalir. Rebus dua bahan ini bersama 750 ml air sampai menyusut 500 ml. Saring serta minum larutan ini dengan teratur sehari-hari, hingga pulih.

Itulah khasiat dan cara pengobatan daun rangga dipa bagi kesehatan. Semoga infonya bisa bermnafaat dan berguna.