Kesehatan

Inilah yang Terjadi pada Kehamilan 7 Bulan

Proses mengandung merupakan proses yang sangat luar biasa. Sebagai wanita dan calon ibu, saat proses tersebut sering timbul banyak pertanyaan di benak. Apa lagi ukuran perut semakin membesar. Pertanyaan tersebut seperti, apa saja yang umumnya terjadi pada kehamilan 7 bulan baik bagi sang ibu atau pun sang bayi? Ini dia sedikit ulasan seputar masa hamil usia 7 bulan.

Inilah yang Terjadi pada Kehamilan 7 Bulan

  1. Bayi Semakin Aktif

Utamanya bayi pada hamil usia 7 bulan sudah memiliki bobot di atas 1 kilogram. Bayi tersebut juga sudah menjadi lebih aktif dan pergerakannya sangat jelas terasa. Selain itu, sebenarnya pada usia ini bayi juga sudah siap dilahirkan, namun pertumbuhan dan perkembangnya belum sempurna. Bagian-bagian tubuhnya bertumbuh lebih besar seperti ukuran tempurung kepala, otak, paru-paru, dan lainnya. Pada kehamilan 7 bulan bulu-bulu berupa rambut dan alis mulai tumbuh. Para peneliti mengungkapkan, bayi di usia tersebut juga sudah dapat menerima rangsangan cahaya dari luar. Pembentukan sel darah merah dalam tubuhnya kian berjalan dengan lancar. Seiring jalannya hari, kulit bayi pada usia tersebut semakin mulus. Dia juga dapat membuka dan menutup matanya. Bayi juga sudah mampu menghispa jempolnya sendiri dan mengganti posisi tubuh secara lebih cepat. Tulang-tulangnya kian kuat dan mengeras.

  1. Ibu Dapat Mulai Merasakan Kontraksi

Pada kehamilan usia 7 bulan, sang ibu akan sering merasa terjadi kontraksi palsu pada perutnya. Seolah proses melahirkan semakin dekat. Hal ini membuat para ibu wajib ‘peka’. Tidak hanya itu, biasanya pencernaan ikut terganggu. Rasa mulas sering datang, namun tinja terasa keras dan sulit buang air besar. Ukuran tubuh ibu juga semakin besar akibat ketidak stabilan hormon. Di beberapa bagian organ tubuh terkadang terasa keram khususnya saat malam hari. Maka dari para ibu yang sedang menempuh masa kehamilan 7 bulan mudah sekali lelah. Bobot tubuh ibu juga dapat bertambah pesat apa lagi bila sang ibu mengkonsumsi asupan berlebih. Hal ini juga menimbulkan ukurang tubuh ibu kian besar dan bengkak seperti ukuran kaki dan tangan yang membesar, diikuti jari-jari yang terlihat membengkak.

Perkembangan dan pertumbuhan di atas dapat mendatangkan beberapa masalah. Khususnya bagi para ibu. Permasalah tersebut dapat meliputi sesak napas, wasir, insomnia, gangguan emosi, dan lainnya. Kontraksi palsu juga dapat menimbulkan masalah yang serius. Ada baiknya bila sudah merasakan ada yang tidak normal pada tubuh, konsultasi dan periksakan pada dokter secepat mungkin. Untuk melengkapi kehamilan 7 bulan secara maksimal, konsumsi asupan yang bergizi dan bernutrisi seperti susu Lactamil dengan rutin. Hal tersebut akan membantu kesehatan ibu dan bayi pada proses mengandung. Hindari juga melakukan kegiatan yang berat.