Tips

Cara Mudah Mengatasi Keluhan Pegal Saat Masa Hamil

Pegal saat hamil. Pada umumnya bunda yang sedang hamil akan merasakan sakit pegal pada bagian pinggang atau sakit punggung , membuat bunda merasakan hal yang tak nyaman . bukan hal yang di anggap aneh saat bunda yang tengah hamil merasakan sakit punggung .

hal tersebut dikarenakan ketika bunda hamil pasti bunda mengalami kenaikan berat badan dan hormon yang ada pada tubuh bunda akan mengendurkan atau melonggarkan otot – otot atau ligamen yang ada pada seluruh badan bunda. Namun tak usah khawatir sakit punggung atau pinggang pegal saat hamil muda atau hamil tua pada bunda bisa di cegah dan diobati.

berikut cara mengatasi Pegal saat hamil :
1. Berlatih sikap tubuh bunda yang baik
Bayi yang bunda kandung terus tumbuh dan berkembang setiap hari, semakin besar masa kehamilan maka perut ibu pun akan semakin condong kedepan dan terasa beban nya, untuk mengantisipasi bunda jatuh , bunda dapat mencari sandaran untuk punggung yaitu :
• Berdiri yang tegak.
• Tarik dagu bunda yang tinggi
• Pundak bunda harus bersandar ke belakang dan rilex
• Dan jangan mengatupkan lutut bunda ya.

Dan saat ketika bunda akan berdiri , buat posisi bunda dalam keadaan senyaman mungkin . Saat duduk juga harus berhati – hati pilih kursi yang tepat untuk menopang punggung bunda , atau letakan bantal kecil di belakang punggung bunda , jaga kondisi leher bunda juga pastikan lurus dan dalam kondisi nyaman , ditambah juga gunakan penopang untuk kaki anda seprti bangku yang lebih rendah

2. Gunakan pakaian yang tepat
Jika bunda akan bepergian atau keluar rumah gunakan sepatu tanpa hak atau flat shoes dengan lekukan yang baik. Dan juga pilih baju dan celana yang longgar atau khusus ibu hamil dapat juga menggunakan ikat pinggang atau sabuk yang khusus ibu hamil yang diperuntukan bagi bunda untuk penopang punggung bunda agar lebih nyaman. Dapatkan info lainnya tentang ibuhamil di tentangibu.com. Nah, untuk nomor 3 adalah

3. Mengangkat benda yang ringan atau kecil dengan posisi yang tepat
Saat bunda ingin mengangkat benda yang kecil atau ringan dan berada di bawah , bunda berjongkoklah lalu angkat menggunakan kaki bunda. Tapi jangan menekuk di bagian pinggang atau mengangkut beban dengan punggung bunda saat hamil ya .

4. Tidur menyamping
Bunda saat akan tidur alangkah baiknya tidur dengan keadaan menyamping, jangan tidur dengan punggung bunda atau tidur terlentang. Pastikan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Dan coba temmpatkan satu bantal diantara lutut bunda atau bagian tubuh lain di bawah perut juga dapat membantu posisi tidur bunda yang sedang hamil.

5. Mencoba sesuatu yang panas, dingin, atau pijat
Tempelkan bantalan panas untuk memberikan rasa hangat di sekitar di punggung bunda, atau kalau tidak , ganti kotak es bunda dan tempelkan juga pada punggung bunda. Menggosok gosok punggung bunda juga dapat membantu bunda merasakan kenyamanan. Tapi lebih baik jika orang lain yang melakukannya
.
6. Mencoba aktivitas olahraga ringan dan terapi-terapi pelengkap
Coba bunda lakukan olahraga kecil seperti jalan jalan sehat atau berenang agar rilex dan mungkin bunda juga ingin mencoba akupuntur atau terapi yang dapat membantu menghilangkan sakit punggung selama kehamilan bunda berlangsung .

Meskipun sakit punggung pada saat bunda alami selama kehamilan memang biasa terjadi tapi bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan. Coba bunda konsultasikan ke dokter apabila rasa sakit punggung bunda berlebihan. Nah, sekian info dan cara mengatasi mengenai Pegal saat hamil semoga bermanfaat.