Kesehatan

Cara Membuat Selai Buah-buahan Ala Rumahan yang Mudah untuk Anda Coba

Selai buah menjadi salah satu menu andalan yang dipadukan dengan roti tawar jika menyediakan sarapan untuk keluarga. Hal ini lantaran menu roti dioles selai adalah menu mudah yang simpel ketika harus disajikan cepat di pagi hari dan sudah mampu mengenyangkan perut hingga waktu makan siang.

Baca Juga : jual selai dari lemonilo

Jika Anda khawatir toko yang jual selai menambahkan pengawet dan pemanis buatan, maka Anda juga bisa membuat selainnya sendiri. Cara membuat selai buah-buahan pun tidak terlalu rumit hanya memang butuh sedikit banyak usaha Anda sendiri.

 Cara Membuat Selai Buah-buahan Ala Rumahan yang Mudah untuk Anda Coba

Salah satu jenis selai yang amat difavoritkan adalah selai nanas. Selai nanas memang memiliki rasa yang berbeda dengan teksturnya yang masih agak kasar ditambah rasa manis asamnya yang lezat sangat cocok dipadukan dengan roti tawar. Bahkan saking banyaknya peminat, selai nanas juga dijadikan isian kue nastar yang amat populer ketika menjelang hari raya. Cara membuat sendiri selai buah-buahan nanas juga tidak rumit. Berikut ini prosesnya:

 

Bahan-bahan:

 

  • Nanas 1 buah, pilih yang sudah matang dengan warna kuning merata disertai harumnya aroma. Nanas Bogor atau nanas Palembang lebih cocok digunakan untuk bahan selai ini.
  • Gula pasir 150 gram atau sesuai selera.
  • Kayu manis 2 batang untuk mengharumkan selai.

 

Cara membuat:

 

  1. Pertama kupas nanas dan bersihkan seluruh matanya. Setelah itu, langsung parut nanas sampai halus. Hindari pemakaian blender karena akan menghilangkan serat dan menjadikan seperti bubur.
  2. Siapkan panci dan masak nanas di panci dengan menyalakan api kecil. Masukkan kayu manis dan juga gula secara perlahan sambil diaduk hingga mendidih, kental dan rasanya pas.
  3. Jika selai sudah kecoklatan, kental dan rasanya cukup manis dan asam sesuai selera, matikan api dan angkat lalu dinginkan sehingga siap untuk disajikan.

 

Jika pembuatan selai nanas sudah dirasa cukup dan berhasil, maka jangan lupa jika Anda juga perlu trik untuk menyimpannya. Agar selai buah bisa tetap bertahan lama tanpa mengurangi kualitas tentu penyimpanan juga harus dipertimbangkan. Penyimpanannya sendiri cukup mudah karena Anda hanya perlu memakai peralatan yang bersih dalam penyimpanan dan hindari penggunaan benda bahan alumunium. Gula juga harus yang bersih dengan warna putih bulir halus. Penyimpanan di botol kaca sangat disarankan sehingga kualitas selai bisa lebih lama.

 

Itulah cara membuat selai buah-buahan dan tips penyimpanannya. Selain nanas, buah lain juga bisa Anda coba buat sendiri mulai dari strawberry, buah naga, buah pepaya dan lainnya. Pastikan agar selalu menyantap makanan dan minuman alami seperti apa yang disediakan oleh Lemonilo dalam semua produknya. Anda bisa mendapatkan semua jenis makanan dan minuman alami dengan harga terjangkau disertai promo hanya di Lemonilo.