Kesehatan

Bahaya 4 Efek Samping Penggunanan Kosmetik

Efek Samping Penggunanan Kosmetik

Kometik atau make up adalah salah satu bagian yang sudah menjadi aktifitas sehari-hari, terutama bagi seorang wanita yang bekerja dikantoran yang mana mereka dituntut untuk make up agar dapat mempercantik penampilan mereka. Dengan make up akan menjadikan kulit mereka yang kusam, penuh jerawat dan noda hitam menjadi bersih dan putih karena sudah tertutupi dengan kosmetik atau make up.

Namun, perlu untuk ketahui juga bahwa pemakaian make up juga memiliki efek negatif atau akibat bagi tubuh maupun untuk kulit wajah anda. Apalagi sekarang banyak sekali bertebaran kosmetik atau make up yang ilegal diluar sana yang ternyata tidak standart BPOM sehingga sangat berbahaya ketika memakainya.

Oleh karena itu, mulailah untuk lebih teliti dalam memilih make up. Namun walaupun kosmetik atau make up yang anda pakai legal dan sudah memiliki standart BPOM, tetap saja memiliki akibat atau efek negatif dikarenakan bahan yang terdapat didalamnya adalah bahan kimia.

Inilah 4 Efek Samping Pemakaian Kosmetik

1.Kulit wajah berjerawat

Kulit yang berjerawat adalah salah tu akibat atau efek samping pemakaian kosmetik. Bahan dan kandungan yang terdapat pada kebanyakan kosmetik memiliki resiko munculnya jerawat. Oleh karena itu, untuk mencegah tumbuhnya jerawat anda bisa langsung membersihkan kulit wajah anda dari kosmetik. Kebanyakan orang yang membuat wajahnya berjerawat adalah karena membiarkan kosmetik diwajahnya dan dibawa tidur sampai pagi hari. Sekarang anda tahukan penyebab jerawat adalah karena pakai kosmetik.

2. Iritasi pada kulit

Efek samping pemakaian kosmetik berikutnya adalah terjadinya iritasi pada kulit dan ini termasuk efek yang masuk kategori ringan. Namun, apabila anda terlena dan membiarkan begitu saja, maka akan sangat beresiko pada kerusakan kulit anda.

3. Kulit menjadi kusam

Pada umumnya, banyak yang menggunakan kosmetik untuk menjadikan wajah mereka menjadi terlihat lebih cantik dan juga cerah. Namu itu hanya palsu saja, karena aslinya belum tentu saja ketika pemakaian kosmetik. Pemakaian kosmetik yang salah dapat membuat wajah menjadi kusam sehingga anda akan terlihat menjadi tua. Oleh karena itu kurangilah pemakaian kosmetik yang berlebih, agar kulit anda tetap sehat dan juga cantik serta menarik.

4. Penuaan dini

Pada umumnya terjadinya penuaan dini karena disebabkan oleh makanan yang tidak sehat, polusi udara, tidur yang berkualitas dan yang lainnya. Namun, pemakaian kosmetik juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Pemakaian kosmetik dalam jangka panjang akan semakin memperbesar peluang terjadinya keriput dikulit wajah anda. Maka dari itu kurangilah pemakaian kosmetik dan kalau bisa hindarilah demi tetap menjadi kesehatan kulit anda.

Artikel kami yang lain :

Kempat efek samping pemakaian kosmetik diatas merupakann akibat yang pada umumnya sudah dirasakan oleh banyak orang setelah menggunakan kosmetik yang salah atau secara berlebihan. Olah karena itu, jika anda sayang dengan kulit wajah anda, maka kurangilah pemakaian kosmetik, namun apabila itu menjadi tuntutan sebuah pekerjaan, anda bisa menguranginya dan jangan sampai pemakaian yang berlebihan. Demikian sudah artikel ini selesai kami buat, semoga bermanfaat.