Kesehatan

10 Tips Untuk Orang Tua Agar Tetap Sehat Bugar

10 Tips Untuk Orang Tua Agar Tetap Sehat Bugar

1. Hidupkan Aktif
Olahraga teratur adalah salah satu kunci terbesar bagi kesehatan fisik dan mental. Kehidupan yang aktif akan membantu Anda tetap fit untuk menjaga kebebasan Anda pergi ke tempat yang Anda inginkan dan melakukan aktivitas Anda sendiri. Olahraga teratur dapat mencegah timbulnya kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, depresi, dan artritis, dan sebagainya.
Tips: Kuncinya adalah tetap aktif, jadi lakukanlah sesuatu yang akan anda nikmati. Jika Anda bukan tipe orang yang rutin berolahraga secara teratur, sebaliknya Anda bisa berjalan kaki atau naik sepeda setiap hari. Cobalah olahraga sebagai kegiatan rutin Anda. Pikirkan apa yang terbaik untuk Anda, konsultasikan dengan dokter Anda, dan lanjutkan!

2. Makan Makanan Sehat
Mayoritas orang dewasa mengkonsumsi lebih dari dua kali lipat asupan sodium harian daripada yang direkomendasikan, yang dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Sebagian besar asupan sodium tinggi ini berasal dari makanan dan makanan kemasan.
Tip: Konsumsilah makanan padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan whole grain. Hindari makanan manis, asin, dan makanan kemasan atau olahan. Ingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan makanan yang berbeda, ikuti saran dokter Anda mengenai batasan diet.

3. Pertahankan Otak Anda
Satu dari delapan orang dewasa yang lebih tua (usia> 65 tahun) di Amerika Serikat dan beberapa negara lain menderita penyakit Alzheimer, sementara beberapa penurunan kognitif adalah bagian normal penuaan. Studi telah menunjukkan bahwa gaya hidup yang merangsang stimulasi kognitif melalui pembelajaran aktif akan memperlambat penurunan kognitif.
Tip: Jangan pernah berhenti belajar dan menantang pikiran Anda. Ikuti pelajaran menari, belajar bahasa baru, menghadiri kuliah di universitas setempat, belajar memainkan alat musik, atau membaca buku, agar umat Islam mencoba menghafal Al Qur’an.

4. Membangun Hubungan Sosial
Hampir 30% orang tua yang tinggal sendiri dan hidup sendiri merasakan kesepian yang berat. Perubahan dalam kehidupan seperti pensiun, masalah kesehatan, atau kehilangan pasangan, dapat menyebabkan isolasi sosial.
Kiat: Selalu tetap berhubungan dengan keluarga dan teman Anda, terutama setelah mengalami perubahan hidup yang signifikan. Jadwalkan waktu reguler untuk bertemu teman dan keluarga sambil minum teh, makan bersama seminggu sekali, atau melakukan kegiatan lainnya bersama. Undang teman lain yang mungkin merasa kesepian atau terisolasi.

5. Cukup Tidur
Manusia bisa lebih kenyal tanpa makanan selain tanpa tidur. Orang tua membutuhkan tidur sebanyak orang dewasa lainnya, tujuh sampai sembilan jam per malam. Kurang tidur dapat menyebabkan depresi, mudah tersinggung, meningkatnya risiko terjatuh, dan masalah memori.
Tips: Buat jadwal tidur yang teratur. Jaga agar kamar tidur Anda tetap gelap dan bebas dari kebisingan saat tidur, hindari menonton televisi atau bermain internet saat di tempat tidur. Jauhi minum kopi di malam hari.

6. Kurangi Stres
Seiring bertambahnya usia, akan terjadi perubahan keadaan stres dan begitu juga kemampuan kita untuk mengatasi stres. Stres jangka panjang bisa merusak sel otak dan menyebabkan depresi. Stres juga bisa menyebabkan hilangnya ingatan, kelelahan, dan penurunan kemampuan untuk melawan dan pulih dari infeksi. Sebenarnya, diperkirakan lebih dari 90% penyakit disebabkan atau dipersulit oleh stres, oleh sebab itu jika sedang jenuh anda bisa pergi ke tempat wisata untuk menenangkan pikiran anda.
Tips: Kita tidak bisa sepenuhnya menghindari situasi stres tapi kita bisa belajar teknik yang bagus untuk mengatasi stres. Jaga diri Anda saat Anda stres dengan cukup tidur, olahraga, dan makan makanan bergizi. Bicaralah dengan orang yang Anda percaya atau yang dapat memberi saran kepada Anda mengenai tekanan Anda, dan cobalah melakukan beberapa teknik relaksasi, seperti pernapasan melingkar, yoga, atau meditasi dan jika Anda seorang Muslim bangun sampai sepertiga malam sambil berdoa tahajud. Ingatlah untuk selalu menjaga segala sesuatunya dalam perspektif, cobalah untuk menerima dan berperilaku dengan cara yang tidak dapat Anda kendalikan.

7. Cobalah Pencegahan
Banyak kecelakaan umum, penyakit, dan kondisi kesehatan kesehatan geriatrik, seperti penyakit, penyakit kronis, depresi, dan kelemahan, dapat dicegah.
Tips: Untuk mencegah penyakit, cuci tangan setelah selesai buang air besar dan sebelum makan. Untuk mencegah jatuh, simpan benda-benda di rumah Anda yang bisa menyebabkan Anda tersandung atau tergelincir, gunakan alat bantu sebagai pegangan atau pendukung, kenakan alas kaki yang sesuai, minum vitamin D dan kalsium.

8. Menjaga Kesehatan
Sebagian besar kesehatan kita tidak dikendalikan oleh sistem perawatan kesehatan tapi oleh tindakan kita sendiri, lingkungan kita, faktor sosial. Juga jangan terlalu mengandalkan dokter karena dokter mungkin tidak 100% sempurna. Kesalahan medis mungkin dilakukan. Semakin banyak pasien yang berperan dalam menjaga dan merawat kesehatan mereka sendiri, semakin mereka merasa puas dengan perawatan yang mereka dapatkan.
Kiat: Pikirkan cara menjaga kesehatan dengan mengubah gaya hidup Anda. Hubungi dokter Anda jika Anda khawatir dengan kesehatan Anda. Tunjukkan daftar obat resep dan non-resep Anda saat ini, termasuk suplemen herbal.

9. Buat Komunitas / Asosiasi
Membuat atau bergabung dengan komunitas / asosiasi dalam kegiatan sosial atau pembacaan.
Kiat: Bergabunglah dengan komunitas / asosiasi yang membuat Anda bahagia dan nyaman dan tidak stres.

10. Simpan Informasi Penting
Simpan informasi atau instruksi tentang penanganan darurat medis Anda, serta nomor telepon penting bila ada masalah